Perkiraan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia

Perkiraan Jumlah Kasus

Metoda tentang polinomial fit untuk memproyeksikan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 ada diposting sebelumnya (link). Di sini ditunjukkan hasil proyeksi dengan menggunakan data terbaru yang tersedia sampai tanggal 21 Maret 2020.

Gambar 1. Grafik perkiraan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia dengan persamaan polinomial yang diperoleh dari data jumlah kasus sampai dengan tanggal 21 Maret 2020. Garis abu-abu menunjukkan nilai perkiraan jumlah kasus maximum dan minimum berdasarkan perkiraan error.

Perkiraan jumlah kasus terkonfirmasi sehari setelah data terakhir atau tanggal 22 Maret 2020 adalah 541 kasus dengan error ±29 (Gambar 1). Untuk tanggal 23 Maret 2020 diperkirakan akan terdapat 643±62 kasus (Gambar 1). Proyeksi untuk hari ketiga dari data terakhir yang digunakan memberikan angka kasus sebesar 758±97. Dapat dilihat dari angka error, bahwa semakin jauh melihat kemasa depan maka error menjadi semakin besar atau prediksi menjadi semakin kurang meyakinkan. Pada akhir bulan Maret diperkirakan jumlah pasien mencapai 2000 orang (Gambar 2).

Perkiraan Jumlah Orang Terinfeksi

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya ini adalah proyeksi berdasarkan data kasus yang terkonfirmasi. Tetapi diduga kuat banyak orang yang terinfeksi Covid-19 yang tidak teridentifikasi.

Diperlukan suatu pendekatan untuk memperkirakan seberapa banyak orang yang terinfeksi. Karena orang yang terinfeksi tetapi tidak diisolasi akan menularkan virus ini orang lain.

Untuk kasus di Indonesia jumlah pasien yang meninggal sampai dengan tanggal 21 Maret 2020 adalah 38 jiwa. Dengan jumlah total pasien teridentifisi sejumlah 450 berarti presentasi kematian pasien adalah 8.4%. Ini lebih besar dibandingkan nilai dari Tiongkok yakni 3.9%.

Gambar 2. Perkiraan jumlah total orang yang terinfeksi dan terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia.

Untuk mengestimasi jumlah terinfeksi digunakan jumlah kematian di Indonesia (38) pada saat ini (21/03/20) dibagi dengan persentasi kematian di Tiongkok karena wabah di sana sudah hampir selesai. Dengan pendekatan ini diestimasi jumlah orang yang terinfeksi setidaknya 1027 orang. Ini artinya sekitar 550 orang tidak dalam pengawasan dan berpotensi menyebarkan Covid-19 di Indonesia. Dengan menggunakan proyeksi pasien terkonfirmasi maka jumlah total pasien terinfekfi juga dapat diperkirakan.

Untuk Tanggal 22 Maret 2020 jumlah total infeksi termasuk orang yang tidak teridentifikasi mencapai 1236. Saat ini pemerintah Indonesia sedang berusaha meningkatkan jumlah pemeriksaan Covid-19. Dengan semakin banyaknya orang yang diperiksa maka akan semakin banyak kasus terkonfirmasi. Dengan menggunakan anggapan ini jumlah kasus terkonfirmasi di Indonesia pada tanggal 22 Maret 2020 akan berkisar antara 541 sampai 1236.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.